Kamis, 03 September 2015

Implementasi Kebiasaan Sehat di SD - SMP Negeri Satu Atap Terpadu 1 Cibening Purwakarta

Program G21H untuk siswa SD, kembali digelar Lifebuoy. Program yang dirancang dengan menggunakan metode fun dan edukatif ini, diharapkan akan menumbuhkan kebiasaan sehat sejak dini. Gerakan 21 Hari (G21H) Lifebuoy diimplementasikan serentak diseluruh indonesia, khususnya di kabupaten purwakarta.
“Melalui kampanye G21H ini, sebagai upaya mengajak anak-anak untuk membentuk kebiasaan sehat sejak dini dengan melakukan kebiasaan sehat minimal di lima saat penting selama 21 hari secara terus-menerus tanpa putus agar menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Lima saat penting tersebut adalah mandi menggunakan sabun, CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) sebelum makan pagi, CTPS sebelum makan siang, CTPS sebelum makan malam, dan CTPS setelah dari toilet. Hal itu yang sedang disemarkkan di SD - SMP Negeri  Satu Atap Terpadu 1 Cibening Purwakarta.


Menurut Akhmad Ruhiat, S.Pd. (Kepala Sekolah), kampanye ini penting untuk dilakukan mengingat masih rendahnya pemahaman mengenai arti pentingya PHBS terutama CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun). Dengan adanya G21H diharapkan dapat mencegah dan menurunkan tingkat kesakitan yang disebabkan diare, cacingan dan penyakit lainnya,” jelas Akhmad Ruhiat, S.Pd. (Kepala Sekolah).
Zaenudin, S.Pd. (Pembina Kesiswaan) menambahkan, upaya untuk menjadikan anak-anak kita menjadi generasi yang sehat bisa dilakukan dengan cara yang mudah dan murah yaitu melalui kegiatan promotif dan preventif seperti membudayakan kebiasaan sehat PHBS dan CTPS di sekolah. “Edukasi kebiasaan sehat di sekolah efektif karena saat ini sebagian besar waktu anak-anak dihabiskan di sekolah dengan berbagai macam kurikulum dan ekstra kurikulernya. Ditambah lagi banyak orang tua yang sibuk bekerja sehingga akhirnya menyerahkan sepenuhnya edukasi kebiasaan sehat anak-anaknya kepada sekolah,” papar Zaenudin, S.Pd. (Pembina Kesiswaan).
Secara simbolis selama 21 hari siswa dan siswi memulai kebiasaan hidup sehat dilakukan dengan cara membuat coretan tangan mereka yang telah dibasahi tinta kemudian ditempelkan diselembar kain putih panjang, yang nantinya akan dipasang disudut sekolah, sebagai bentuk bahwa siswa dan siswi di SD - SMP Negeri  Satu Atap Terpadu 1 Cibening Purwakarta telah berjanji untuk membiasakan hidup sehat, tidak hanya disekolah, tapi dirumah, tidak hanya 21 hari, tapi sampai dewasa nanti. "Semangat...!"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar