Jumat, 16 Oktober 2015

Bangga menggunakan tas daur ulang, Wujud apresiasi hasil karya siswa



Kali ini ada aturan baru yang tertuang dalam peraturan bupati (Perbup). Yakni, mengajak pelajar agar memakai tas buatan sendiri. Tas tersebut, terbuat dari bahan daur ulang plastik bungkus makanan atau kain bekas karung terigu.
Keluarnya kebijakan baru ini, setelah Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi memantau anak-anak saat masa bimbingan (Mabim) siswa baru di Purwakarta. Pelajar baru di sekolah itu ternyata menggunakan tas dari hasil bahan daur ulang.
Dedi mengaku, sebenarnya, selama ini Purwakarta memiliki regulasi mengenai pendidikan berkarakter. Salah satu aplikasinya, yaitu siswa dilarang menggunakan barang-barang yang berbau konsumerisme dan modernitas seperti, tas yang biasa dipakai saat ini.

Tas yang dimiliki para siswa itu, biasanya dibeli dengan harga yang bervariasi. Bahkan, tak jarang merupakan produk impor dari luar negeri. Menurutnya, kebiasaan ini, sangat jelek bagi anak-anak. Sebab, sejak dini mereka sudah dicekoki untuk jadi anak yang berjiwa konsumtif.

Untuk itu, pihaknya sengaja mengeluarkan Perbup No 69/2015 tentang Pendidikan Berkarakter  guna meminimalisasi gaya hidup konsumtif. Dalam hal ini mengatur soal larangan penggunaan tas sekolah yang dibeli di pasaran.
"Jadi, mulai tahun ajaran baru ini anak-anak harus membuat tasnya sendiri dengan bahan seadanya. Bisa dengan karung terigu atau bahan lainnya yang bisa dimanfaatkan," jelas dia.
Hal tersebut pun menjadi suatu kebanggaan di SD - SMP Negeri Satu Atap Terpadu 1 Cibening Kec. Bungursari. Dengan aturan Bupati Purwakarta tersebut siswa ternyata lebih bangga dan percaya diri ketika memakai tas dari bahan daur ulang dan hasil karya mereka sendiri. Hal tersebut menajuhkan anak dari sifat konsumtif dan lebih mencintai hidup sederhana. Gebyar penggunaan tas daur ulang pun terus di-"Gaungkan" oleh Kepala Sekolah, Bapak Akhmad Ruhiat, S.Pd. Semoga hal tersebut bisa terus berlanjut sampai siswa menginjak masa - masa SMA/SMK atau bahkan Perguruan Tinggi. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar