Senin, 18 April 2016

Serunya menanam padi oleh siswa SD - SMP Negeri Satu Atap Terpadu 1 Cibening

Ada pemandangan berbeda di SD - SMP Negeri Satu Atap Terpadu 1 Cibening Kec. Bungursari Purwakarta. Di sana terlihat sejumlah siswa sekolah dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) tengah menanam padi di sawah, tepatnya di pesawahan ciloa desa cibening miliki salah satu petani.

Dari pengamatan di lokasi tersebut, mereka membawa benih-benih padi berwarna hijau berukuran sekitar 3,5 sentimeter. Benih yang telah tertata itu, mereka tanam di salah satu lahan pesawahan yang sudah dibajak untuk kemudian siap tanam.


Dari bentuknya, benih itu diperkirakan baru berusia sekitar sepekan. Di lahan seluas 1.750 meter persegi itu, para siswa tampak antusias meskipun kondisi lahan pesawahan yang berlumpur.

Faisal, salah satu siswa SD yang ikut dalam kegiatan tersebut mengungkapkan, ini sekaligus pembelajaran dan praktek langsung cara menanam padi yang bisa dilakukan oleh siswa, baik dari proses menanam, membersihkan rumput, serta memanen padi yang sudah matang.


Meski berbeda dengan tanaman padi pada umumnya, namun para siswa mengaku senang bisa belajar, serta menambah wawasan mereka tentang menanam tanaman padi serta praktek memanen padi. “Ini merupakan pengalaman pertama karena selama ini belum pernah merasakan pengalaman menanam tanaman padi,” ujar Adit salah satu siswa SMP.

Salah satu guru yang saat itu menjadi pembimbing siswa, Bapak Zaenudin, S.Pd. mengatakan kegiatan mengenal cara menanam dan memanen padi sebagai bentuk pembelajaran langsung oleh siswa dan merupakan upaya menggebyarkan instruksi Bupati Purwakarta dalam hal "Belajar menjadi petani disawah".



Tidak ada komentar:

Posting Komentar