Rabu, 04 September 2013

PROGRAM BANTUAN HEWAN TERNAK SISWA SEGERA DIGULIRKAN

(Purwakarta)Pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam waktu dekat ini segera menggelontorkan anggaran untuk program bantuan hewan ternak bagi siswa Sekolah Dasar. Pada Tahun 2013 tercatat 2000 siswa antara kelas 1 – 5 yang telah terdata akan menerima program ini.  Terhitung per siswa akan mendapatkan bantuan sebesar 5 juta rupiah dengan total anggaran sebesar 1 Milyar Rupiah. Sementara launching program ini direncanakan bulan juli mendatang seiring tahun ajaran baru kalender pendidikan.



Ditemui di sela acara Gebyar Kreasi Seni Siswa SD Plus Al-muhajirin, Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Asep Surya menegaskan pihaknya telah mendata seluruh siswa yang akan menerima bantuan ini. Mereka merupakan siswa SD yang tergolong tidak mampu (miskin-red), sementara berdomisili tersebar di pedesaan seluruh Purwakarta. “Sasarannya kelas 1 sampai kelas 5 dan sesuai instruksi Bupati, mereka yang mendapatkan bantuan ini berkategori miskin dan diutamakan bertempat tinggal di pedesaan yang memiliki cukup lahan untuk beternak.” Jelas Asep.
Anggaran program bantuan ini berbentuk bantuan sosial yang dikelola oleh bidang Kesejahteraan Rakyat (Kesra), yang teknis penyerahan bantuannya dilakukan dengan melibatkan UPTD (Unit Pelaksanaan Teknis Daerah) Dinas Peternakan yang ada di setiap Kecamatan di Purwakarta. Bentuk bantuan tersebut adalah uang tunai sebesar 5 juta rupiah per siswa. “Uang itu nanti terserah siswa untuk dibelikan hewan ternak, mau berupa domba atau sapi, yang jelas pertanggung jawabannya harus ada. Untuk itu nanti di lapangan ada tim pengawas dari Disdik maupun dari Disnakan untuk mengecek program ini. Jika ada penyalahgunaan anggaran tersebut maka sudah masuk ke dalam ranah hukum pidana penggelapan uang negara dan hukumannya jelas.” Papar Asep.

Dari program bantun hewan ternak ini, diharapkan banyak manfaat yang akan didapat. Untuk pendidikan saja sebagai bagian dari proses mendidik siswa bertanggungjawab membentuk karakter pengusaha dan menghindarkan siswa dari kesempatan bermain yang tidak jelas seperti game online dan sebagainya. Sementara kedepan, diharapkan di purwakarta akan surplus daging hewan ternak baik sapi maupun domba. Untuk itu, diharapkan siswa yang mendapatkan bantuan uang ini dapat dibelikan hewan ternak yang berada di luar kabupaten, seperti bibit domba garut dan lainnya. Agar kuantitas dari jumlah hewan ternak di purwakarta bertambah dan bervariatif jenisnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar