Rabu, 04 September 2013

Purwakarta Genjot Pelajaran Budi Pekerti Siswa SD

Purwakarta – Jelang tahun ajaran baru 2013/2014, Pemkab Purwakarta akan lebih mengefektifkan pelajaran budi pekerti bagi siswa tingkat SD sampai SMA.

Pasalnya, anak-anak usia sekolah saat ini sudah tidak lagi mengenal pelajaran etika dan sopan santun. Padahal, anak-anak seusia mereka sedang labil.

“Pelajaran budi pekerti ini sangat penting. Makanya, saya sudah membuat payung hukumnya dalam bentuk peraturan bupati untuk pelajaran budi pekerti ini,”ujar Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi, Senin (1/7/2013).

Dedi mengakui, perbup itu memang dikeluarkan sejak setahun lalu, namun belum bisa berjalan dengan maksimal. Aturan tersebut akan mulai berjalan efektif saat ajaran tahun baru 2013/2014 mendatang.
Dengan begitu, seluruh sekolah di kabupaten ini, wajib menyelenggarakan pelajaran budi pekerti. Hal mana para guru, dalam hal ini harus mengajarkan lagi soal budi pekerti di sekolah.

Dedi menjelaskan, budi pekerti ini mengajarkan soal pembentukan karakter, sikap dan mental siswa. Nantinya, para siswa itu diajarkan soal sopan santun, cara berbicara dengan yang tua, dengan usia sejajar, serta dengan yang lebih muda.

“Akhir-akhir ini, rasa sopan santun anak-anak sekolah mulai hilang. Terlebih lagi dengan semakin canggihnya ilmu dan teknologi. Bahkan, anak-anak saat ini bisa dibilang sudah tidak tahu bagaimana cara menghormati orang yang lebih tua, dan menghargai yang lebih muda,” cetus Dedi.

Untuk itu, sambung dia, dengan pelajaran tambahan ini, diharapkan anak-anak memiliki karakter kuat dan mentalnya yang bagus. Supaya, mereka tak mudah terjerumus dalam pergaulan yang negatif.

Dedi menambahkan, sebenarnya pelajaran budi pekerti ini sudah diberlakukan di Purwakarta sejak setahun terakhir. Dalam hasil rapor anak-anak pelajaran budi pekerti memiliki penilaian tersendiri. Dengan kata lain, pelajaran ini tidak digabungkan dengan pelajaran pada umumnya. Melainkan ada penilaian terpisah.

“Pada tahun ajaran baru ini, selain mengefektifkan budi pekerti ini akan jadi ajang evaluasi keberhasilan pelajaran,”pungkasnya. Sumber :http://m.inilah.com/read/detail/2005515/purwakarta-genjot-pelajaran-budi-pekerti-siswa-sd

Tidak ada komentar:

Posting Komentar