Minggu, 06 Oktober 2013

Kaulinan Barudak Siswa SDN 1 Cibening Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Tatar Sunda

SD Negeri 1 Cibening -- Program Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, mengenai "Kaulinan Barudak" dalam upaya pelestarian budaya permainan anak-anak pedesaan di Tanah Sunda, dirasakan sangat penting dalam melestarikan kebudayaan permainan anak - anak khususnya murid-murid sekolah dasar (SD) Negeri 1 Cibening Kecamatan Bungursari Kabupaten Purwakarta.
Diperlukan kesinambungan, agar "Kaulinan Barudak" masuk pada kegiatan ekstra kurikuler di setiap sekolah. Akan tetapi, untuk memasukkan "Kaulinan Barudak" pada kegiatan ekstra kulikuler di sekolah tidak mudah dan perlu dukungan para orang tua.
Dalam kegiatan "Kaulinan Barudak" yang berlangsung di halaman SDN 1 Cibening itu, setiap murid memperagakan kebiasaan bermain anak-anak tempo dulu di kampung halaman masing-masing, lewat penampilan kesenian.
Dengan diiringi tetabuhan seni Sunda, anak-anak menyajikan kreasi seni mendidik, seperti main "oray-orayan (ular-ularan) dan ucing sumput (petak umpet)".
Dalam sajian main ular-ularan, misalnya, sangat kental dengan pendidikan disiplin, yakni tidak membuang waktu dan larangan terhadap kegiatan yang merugikan orang lain.
Para orang tua saat ini, terutama di perkotaan dan perdesaan, kini telah melupakan kebiasaan mereka sewaktu kecil, yang seharusnya diwariskan kepada anak-anaknya, dikarenakan lebih cenderung menggemari permainan anak - anak yang lebih modern saat ini.
"Banyak faktor, terutama akibat gencarnya teknologi, sehingga anak-anak lebih didorong main PS (play station). Kepala SDN 1 Cibening, Bpk. Akhmad Ruhiat, menyebutkan perlunya dorongan pemerintah untuk pelestarian budaya permainan anak-anak pedesaan di tatar sunda tersebut.





2 komentar:

  1. Wah lebet kana pangajaran di sakola geningan nya, sanaos dina Ekstrakurikuler oge. Mugia wae janten jalan kanggo ngajaga kalumangsungan budaya Sunda hususna kaulinan barudak

    BalasHapus
    Balasan
    1. amin, hatur nuhun kang. insya alloh tiasa ngajaga kalumangsungan budaya sunda pikeun barudak jeung urang sadayana. amin

      Hapus